Sunday, August 31, 2014

Kepribadian Introvert dan Kiat Sukses Komunikasi Networking


Menemukan teman atau rekan bisnis di sebuah pertemuan yang dihadiri banyak orang tidak selalu mudah. Apalagi jika Anda adalah pribadi yang cenderung introvert.

Untuk Anda yang merasa memiliki kepribadian introvert, menjadi seorang entrepreneur merupakan sebuah tantangan besar karena dalam menjalankan bisnis Anda harus mau banyak berkomunikasi dengan banyak pihak dan bernegosiasi. Intinya, Anda 'dipaksa' untuk keluar dari zona nyaman.

Salah satu 'paksaan' bagi entrepreneur introvert ialah menjalani networking. Banyak hal yang bisa diraih dari membangun jejaring bisnis sehingga jika entrepreneur melewatkan atau dengan sengaja menghindari kegiatan berjejaring, ia dan bisnisnya tidak akan berkembang.

Menurut penulis buku "Quiet" Susan Cain, mereka yang memiliki kepribadian introvert juga perlu melakukan networking, yaitu bertemu dengan banyak orang, berbicara dan berdiskusi. Akan tetapi, agar entrepreneur introvert merasa lebih nyaman dan tidak lelah atau bosan, ia memberikan saran agar tidak menganggap kegiatan netwokring sebagai satu kewajiban untuk menemui dan berbicara dengan sebanyak mungkin orang yang ada di satu ruangan besar. "Akan lebih mudah bagi orang introvert untuk mencari orang atau kenalan baru dengan semangat persaudaraan,"ucap Cain. Dengan semangat itu, ia yakin bahwa orang yang paling introvert sekalipun akan menemukan satu orang di ruangan itu yang ia bisa ajak bicara dari hati ke hati dengan leluasa.

Cain tidak menyarankan orang introvert untuk menemui sebanyak mungkin orang, tetapi akan jauh lebih baik jika orang introvert bisa memilih orang yang benar-benar bisa diajak berkomunikasi, memiliki persamaan yang menyatukan dan membuatnya nyaman untuk membuka diri, karena dari sini bisa tercipta komunikasi, interaksi dan kemudian kerjasama dalam bentuk apapun. Biasanya dalam satu event/ acara, setidaknya akan ada 1 orang yang memiliki 'chemistry' itu. Tugas Anda adalah menemukan orang yang bisa membuat Anda tidak tertekan.

Jadi jika lain kali, Anda yang merasa introvert ingin bersosialisasi demi kepentingan bisnis tidak perlu lagi bersusah payah meniru cara rekan Anda yang lebih ekstrovert. Anda masih bisa berjejaring dengan cara Anda sendiri. (Akhlis)

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/business-advice/kiat-networking-bagi-entrepreneur-introvert (diakses 1 September 2014).

0 comments:

Post a Comment