Sunday, January 13, 2013

Cara Mengatasi Minder dan Kurang Percaya Diri (PEDE)

Anda punya masalah minder dan kurang percaya diri?Bacalah tulisan yang dimuat di http://www.klinikterapipikiran.com/2011/01/minder-kurang-percaya-diri.html berikut ini:

Minder, gugup, takut atau tidak percaya diri adalah perasaan alami manusia yang diberikan Tuhan agar kita tidak terlalu kelewat percaya diri dan akhirnya sombong. Selain orang gila dan orang mabok, setiap orang waras pasti memiliki rasa minder, hanya saja konteks dan kadarnya berbeda-beda. Bahkan kami pun punya rasa minder apabila diharuskan tampil sebagai orang lain. Misalnya: kami akan sangat minder dan malu apabila harus memakai pakaian badut ketika menemui klien atau memberikan pelatihan hipnosis di depan puluhan murid kami.

Selama kita melakukan hal yang benar dan halal, sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk merasa minder. Kalaupun kita belum mampu melakukan sesuatu, sebagai manusia kita bisa belajar dulu. Masalahnya, beberapa orang ternyata meletakkan rasa minder pada tempat yang salah, sehingga kehidupan dan kesuksesannya terhambat oleh rasa minder itu.

Gejala-gejala yang termasuk "Minder"

Seorang yang minder, biasanya punya pola perilaku seperti berikut:Merasa diri rendah, bodoh, tidak mampu, tidak pantas, dsb.Kesulitan dalam bergaul, susah mendapatkan teman baru.Merasa kurang nyaman jika ada seseorang yang mendekatinya.Tidak berani memulai percakapan atau perkenalan dengan orang lain.Malu mengungkapkan ide atau pendapatnya kepada orang lain.Demam panggung, takut berbicara di depan umum (public speaking phobia).Ketika masuk dalam lingkungan baru, dia cemas dan takut kalau orang-orang di lingkungan baru tersebut menolak atau tidak menyukainya.

Suka menyendiri karena merasa tidak ada yang mau berteman.Tegang atau grogi ketika berhadapan dengan orang lain yang baru dikenal sehingga tingkah lakunya terlihat kaku. 

Merasa bahwa orang lain selalu memperhatikan kelemahannya.Menganggap orang lain lebih hebat daripada dirinya.Membandingkan kelemahan dirinya dengan kelemahan orang lain.Sensitif terhadap perkataan orang lain, meskipun hanya bercanda.Fokus pada kelemahan diri. Orang minder selalu punya seribu alasan untuk menyalahkan atau meremehkan dirinya sendiri.Sering menolak apabila diajak ke tempat-tempat yang banyak orang.Tidak berani menerima tanggung jawab yang besar karena takut gagal.Kecewa pada diri sendiri karena tidak percaya diri, dan marah kepada orang lain yang tidak memperhatikan atau menghargainya.Sering murung, mudah merasa sedih, dan lelah.Kurang semangat dalam menjalani aktivitas dan mudah menyerah.Sering melamun, dan mungkin masih banyak lagi.

Penyebab Minder

Setiap manusia yang lahir di dunia hanya membawa dua rasa takut alami, yaitu takut pada ketinggian dan suara keras. Jika Anda sekarang punya rasa takut, malu, grogi, atau minder selain kedua rasa takut tersebut, maka dipastikan rasa takut yang Anda miliki bukan karena secara genetis Anda punya sifat itu. Rasa minder yang Anda alami sekarang adalah pengaruh dari lingkungan Anda.Dari hasil wawancara kami kepada klien yang mengalami masalah kepercayaan diri, dapat kami rangkum beberapa penyebab minder diantaranya:Pengaruh lingkungan. Seorang bisa menjadi minder apabila selalu dilarang, disalahkan, tidak dipercaya, diremehkan oleh lingkungannya.Sering diremehkan dan dikucilkan oleh teman sejawat.Pola asuh orang tua yang sering melarang dan membatasi kegiatan anak.Orang tua yang selalu memarahi kesalahan anak, tapi tidak pernah memberi penghargaan apabila anak melakukan hal yang positif.Kurang kasih sayang, penghargaan, atau pujian dari keluarga.Tertular sifat orang tua atau keluarga yang minder.Trauma kegagalan di masa lalu.Trauma dipermalukan atau dihina di depan umum.Merasa diri tidak berharga lagi karena pernah dilecehkan secara seksual.Merasa bentuk fisik tidak sempurna. Padahal, berapa banyak tokoh besar yang tetap percaya diri meskipun secara fisik kurang menarik?

Merasa berpendidikan rendah. Padahal tidak dibutuhkan pendidikan tinggi untuk menjadi berhasil. Banyak pengusaha yang kaya raya meskipun tidak pernah kuliah dan sekolahnya awut-awutan.Masalah minder bukan hanya dialami orang biasa yang dalam kesehariannya jelas-jelas tampak minder. Beberapa klien kami adalah dosen dan dokter yang merasa tidak percaya diri ketika menghadapi mahasiswa dan pasien. Mereka berusaha menyembunyikan dan melawan rasa minder tersebut, tapi malah semakin membuat segala aktivitasnya menjadi tidak nyaman.

Mereka juga sudah berusaha mempersiapkan diri sedemikian rupa apabila akan tampil di depan mahasiswa dan pasien, tapi rasa minder tetap ada. Akhirnya, dalam hipnoterapi kami menemukan beberapa penyebab rasa minder tersebut. Setelah kami menghapus penyebab rasa minder tersebut dari pikiran bawah sadar, seketika rasa percaya diri muncul.

Nah, apabila Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menjadi orang yang percaya diri dan mudah bergaul, namun semua usaha itu tidak membuahkan hasil yang nyata, maka sekaranglah saatnya Anda mencari bantuan dari orang lain.

Selain itu, bacalah artikel yang dimuat di http://www.akuinginsukses.com/10-rahasia-mendapatkan-rasa-percaya-diri-dalam-hitungan-detik/

berikut ini komplitnya: 

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkankepercayaan diri anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Anda rasanya tak bisa berjalan menuju sebuah pertemuan penting sambil membaca buku panduan mengenai kepercayaan diri, atau menelepon mentor anda pada menit-menit terakhir.
Jadi dibawah ini saya mencoba mensharingkan kepada anda beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat dalam hitungan detik :
1. TersenyumTersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum.
Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda juga akan tampak lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika anda tersenyum.
2. Tatap Mata Lawan Bicara AndaSama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.
“Kontak mata membantu anda untuk menghilangkan rasa takut jika anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

3. Ubahlah Suara Dalam Diri AndaKebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang terbaik.
4. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang LainTerlepas dari situasi yang membuat anda mengalami krisis percaya diri, anda bisa membantu diri anda sendiri dengan berpegang pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apa pun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.
5. Tampillah Serapih MungkinMeskipun anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.
”Sempurnakan penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)
6. Berdoalah Atau Bermeditasi SejenakJika anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri anda (anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah sebuah contoh doa, namun anda bisa menulis hal serupa yang sesuai dengan agama atau kepercayaan anda:
“Ya Tuhan, terima kasih karena Kau telah mencintai dan menerimaku apa adanya.. bantulah aku untuk melakukan hal yang sama.. dan bantulah aku untuk tumbuh menjadi sesuai dengan kehendakMu sehingga rasa percaya diriku akan bertambah; semuanya demi keagungan namaMu dan bukan namaku. Terima kasih karena Engkau telah mendengarkan dan menjawab doaku. Amin.” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International)


7. Reka UlangJika sesuatu terjadi diluar dugaan anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri anda. Mungkin anda menumpahkan minuman anda, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.
8. Tentukan Langkah Anda SelanjutnyaJika anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap industri dan perusahaan mereka.
Mulailah bertindak meskipun anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran anda. Koreksi diri anda di lain kesempatan.
9. Bicaralah PerlahanSebuah tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.
Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.
10. Ikut Ambil BagianPernahkah anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah anda pergi bersama teman-teman anda di malam hari dimana teman-teman anda berbincang dengan gembira sementara anda hanya duduk dan menatap minuman anda? Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja anda akan merasa lebih tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran dan perspektif anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda.
Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.
Juga bacalah artikel di http://www.surgaberita.com/2012/02/10-cara-meningkatkan-percaya-diri.html
Tips Cara Meningkatkan Percaya Diri

1. Kenali Rasa Ketidak Nyamanan Anda

Kita semua memiliki rasa ketidaknyamanan. Bisa muncul karena jerawat di muka anda, selalu menyesali, tidak nyaman pada teman-teman anda.Memberikan nama pada sesuatu hal yang dapat membuat anda merasa tidak berharga, malu atau rendah dapat membantu melawan hal-hal tersebut.Anda bisa menuliskan pikiran anda pada sehelai kertas dan ini dapat membuat perasaan Anda lebih ringan dan bahagia.Ingat tidak ada seorang pun yang sempurna. Orang-orang disebelah Anda mungkin juga memiliki banyak rasa ketidaknyamanan yang sama dengan anda.Jika dengan menuliskan masalah anda tidak cukup membantu, anda bisa membicarakannya dengan teman dekat anda atau seseorang yang anda cintai.Membagi pikiran anda akan menolong meringankan beban yang anda tanggung sendiri.



2. Kenali Kesuksesan Anda
Tidak jadi soal seberapa besar perasaan ketidaknyamanan anda, Tuhan telah memberkahi diantara kita dengen suatu bakat tertentu. Temukan sesuatu hal yang anda ahli dan jago di bidang itu dan fokuslah untuk mengembangkannya. Rendah diri adalah pernyataan pikiran yang mendeklarasikan diri anda sebagai Korban.Jangan biarkan diri anda menjadi Korban.


3. Bersyukurlah Atas Apa Yang Anda MilikiWaktu membuktikan akar dari perasaan ketidaknyamanan dan tidak percaya diri adalah perasaan selalu tidak cukup atas kepemilikan sesuatu, apakah itu pengakuan emosional, keberuntungan, uang, dll. Dengan mengakui dan menghargai apa yang kita miliki, anda dapat melawan perasaan tidak utuh dan tidak puas.Menemukan kedamaian dalam diri akan membangkitkan percaya diri anda.

4. Selalu Berpikiran PositifHindari mendapatkan rasa kasihan dan simpati dari orang lain. Jangan pernah membuat orang lain memiliki rasa rendah terhadap anda, mereka bisa merasa sepert itu hanya dengan seijin anda. Jika anda terus menerus benci dan merendahkan diri anda sendiri, orang akan melakukan dan menilai anda seperti itu.Anda harus berbicara positif tentang diri anda,tentang masa depan anda, dan tentang kemajuan anda.Jangan pernah takut menunjukkan kekuatan dan qualitas anda pada orang lain.


5. Berpakaian RapiWalaupun pakaian tidak membuat orang lebih berkualitas, tapi dapat mempengaruhi cara berpikir kita terhadap diri kita sendiri.Ketika kita tidak terlihat bagus, maka perasaan anda juga tidak bagus. dan ini dapat merubah cara anda membawa diri anda sendiri dan berinteraksi dengan orang lain.Ini bukan berarti anda harus menyediakan uang yang banyak untuk belanja baju. Daripada membeli banyak pakaian murah, lebih baik membeli beberapa baju dengan kualitas tinggi. Dalam jangka waktu yang lama juga akan menghemat pengeluaran, sebab baju yang lebih bagus dan sedikit lebih mahal akan lebih kuat dibandingkan baju yang jelek dengan harga yang murah.


6. Berjalan Dengan CepatGaya berjalan sangat berbicara banyak tentang kepribadian anda. Apakah lambat ? Seperti kelelahan ? Menyakitkan ? atau Enerjik ?Orang dengan rasa percaya diri bagus akan berjalan lebih cepat. Mereka memiliki tempat yang harus dituju, orang yang harus ditemui, pekerjaan penting yang harus dilakukan.Anda dapat meningkatkan kecepatan langkah jalan anda. Berjalan 25% lebih cepat dari sebelumnya akan dapat membuat anda terlihat dan merasa lebih penting.


7. Berikan Pujian Kepada Orang LainKetika berpikir negatif tentang diri kita, kadang kita juga melakukan hal yang sama pada orang lain dalam bentuk hinaan dan gosip.Hindari bergosip ria yang mana dapat menusuk diri anda sendiri dan berusaha memberikan pujian pada orang-orang disekitar anda. Dalam prosesnya, anda akan menjadi disukai dan dapat membangun rasa percaya diri. Dengan melihat sisi yang terbaik dari orang lain,secara tidak langsung membawa hal yang terbaik pada diri sendiri.


8. Duduk di Bangku Paling Depan
Orang-orang Aliran belakang mungkin dapat bersenang-senang di sekolah atau di kuliah pada saat duduk di belakang, tapi itu tidak akan memberikan dorongan untuk membangun rasa percaya diri. Jangan pernah takut untuk diperhatikan. Dengan memutuskan untuk duduk di baris depan,anda dapat menghilangkan ketakutan yang tak beralasan karena diperhatikan dan dapat membangun kepercayaan diri anda.


9. Berbicara dan TersenyumlahPenelitian membuktikan banyak orang takut berbicara atau bertanya pada grup diskusi atau acara umum. Mereka takut akan dinilai orang lain karena berbicara sesuatu yang konyol. Padahal, orang kebanyakan lebih menerima daripada yang kita bayangkan. Kenyataannya kebanyakan orang memiliki ketakutan yang sama persis. Dengan berusaha berbicara setidaknya sekali di setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang bagus, lebih percaya diri tentang pikiran anda, dan akan dikenali sebagai leader oleh rekan-rekan anda. Selain itu,jangan lupa juga untuk selalu tersenyum, coba untuk tersenyum sesering mungkin. Orang selalu menyenangi wajah yang penuh senyum. Orang akan selalu welcome jika kontak dengan anda. Wajah yang selalu tersenyum akan selalu menerima kehangatan dan rasa sayang. Penerimaan yang baik dari orang lain akan meningkatkan rasa percaya diri kita.


10. BerolahragaPikiran yang sehat muncul dari badan/ fisik yang sehat pula. Jika anda dalam kondisi fit, anda akan memiliki energi positif.Jika anda tidak fit, anda akan merasa tidak menarik. Ini akan menyebabkan kemerosotan akhlak. Sedikit disiplin dalam hidup anda dapat membantu banyak dalam pencapaian rasa percaya diri anda yang lebih tinggi.


11. Lebih lanjut, dapat mengikuti kursus public speaking di Surabaya School of Public Speaking (SSPS) dengan menghubungi terlebih dahulu via mobile-phone: 08883008489// Pin BB ini: 7df0ae82  // 085655123862 //  085655123861.Selamat dan semoga sukses.


1. Program General Professional Public Speaking (3 meeting, Biaya Total: Rp. 1.000.000,- dan biaya pendaftaran Rp. 50.000,-)

2. Program Special Professional Public Speaking (3 meeting, Biaya Total: Rp. 1.900.000,- dan biaya pendaftaran Rp. 100.000,-)

3. Program Executive Professional Public Speaking (3 meeting, Biaya Total: Rp. 2.900.000,- dan biaya pendaftaran Rp. 100.000,-)

4. Program Elite-Executive Professional Public Speaking (3 meeting, Biaya Total: Rp. 3.900.000,- dan biaya pendaftaran Rp. 100.000,-)

5. Program New Elite-Executive Professional Public Speaking (3 meeting, Biaya Total: Rp. 8.000.000,- dan biaya pendaftaran gratis,-)

 

Profile Trainer/ Tutor di SSPS: Memiliki kualifikasi ijazah Doktor (S3) dan Master (S2), Berpengalaman dan Profesional, Pernah diundang di institusi pemerintah dan non pemerintah/ swasta baik di luarnegeri maupun dalam negeri, menjadi pembicara di Metro TV, JTV, Radio Suara Surabaya, Radio SINDO, PAS FM, Universitas Indonesia (UI), UGM, Universitas Ciputra (UC), Universitas Kristen Petra (UK Petra), Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Widya Mandala (UWM), UNAIR, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), UIN, IAIN, STAIN, Universitas Ma Chung, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan beberapa kampus ternama lainnya. Juga beberapa perusahaan/ institusi lain seperti PT Maspion, PT Semen Gresik, Pertamina Link, AirAsia, Garuda Indonesia, PT Hori Lighting, Astra International, Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, Dokter Rumah Sakit Asrama Haji Surabaya, RSI, Starbuck Tunjungan Plaza, Kejaksaan Negeri (KEJARI) Gresik, Polda Jatim, BPKP Jatim dan lainnya. Juga biasa menulis kolom dan opini di sejumlah media, seperti Jawa Pos, Kompas, Radar Surabaya, Republika, Surya, Bali Post, ChinaTown, the Jakarta Post, Sindo, the Jakarta Globe dan lainnya. 

MATERI PILIHAN KURSUS: Diagnosa dan Terapi Public Speaking/ Tips dan Teknik Public Speaking Profesional/ Terapi Rasa Minder/ Terapi Rasa Panik/ Terapi  Rasa Takut/ Senam Vokal/ Master of Ceremony (MC)/ Teknik Presentasi/ Teknik Negosiasi/ Teknik Loby/ Teknik Komentar Efektif/ Menjadi Pembicara Handal/ Sukses Bicara di Depan Publik/ Creative Public Speaking/ Komunikasi Efektif/ Smart Parenting/ Personality Development/ Sekolah Kepribadian/ Motivasi Bisnis/ Komunikasi Bisnis/ Public Relations/ Humas/ Komunikasi Kesehatan Rumah Sakit/ Komunikasi Perusahaan/ Komunikasi Organisasi/ Komunikasi Pemerintahan/ Komunikasi Politik/ Komunikasi Antar Budaya/ Breaking Your Mental Block (Bagaimana Menemukan dan Menghancurkan Penghambat dalam Diri dengan pendekatan pemecahan masalah melalui analogika medical) dan lainnya. 

Anda bebas bisa tentukan jadwal kursus. Hari sabtu dan minggu tetap buka. Setiap hari jam kantor buka dari jam 07.00 Pagi sampai jam 20.00 WIB.

Tips Mau Menjadi Pembicara di Depan Publik (Public Speaking) :

1. Rileks…Pastikan kondisi tubuh & suara fit, segar dan normal. Atasi rasa gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam, menggerakkan badan sedikit untuk sekedar melemaskan otot yang kaku, berdiri tegap lalu tersenyumlah

2. Know The Room (Kenalilah ruangan tempat anda akan menjadi pembicara)

3. Know The Audience (Kenali karakteristik tamu dan pandang mereka sebagai sahabat Bicara, bukan lawan bicara)

4. Know The Material (Kuasai bahan yang akan dibawakan). Baca literature yang diperlukan untuk menunjang pengetahuan anda, karena semakin banyak yang anda ketahui tentang acara yang anda bawakan, pasti semakin Percaya Diri

5. Susun pointer untuk membantu mengingat apa yang akan diucapkan

6. Pakailah pakaian yang serasi/cocok dengan acara, jangan sampai saltum atau salah kostum.

7. Lakukan gerakan tangan seperlunya saat berbicara. Jangan sampai berlebihan apalagi untuk menutupi kegugupan. Karena gerakan tubuh yang berlebihan hanya akan mengacaukan penampilan anda

8. Jaga mulut & tenggorokan selalu basah, untuk itu siapkan air putih yang siap diminum jika dibutuhkan

9. Jangan makan & minum yang akan mengganggu organ tubuh anda, minimal satu jam sebelum tampil misalnya soda, makanan berlemak (yang bisa membuat mual), makanan pedas atau asam.

10. Tampillah Percaya Diri dan Be Yourself

11. Ikutlah kursus, training atau pelatihan public speaking untuk mengatasi minder dan membuat anda lebih percaya diri, dimana saja dan kapan saja.

Program kursus ini diselenggarakan oleh Surabaya School of Public Speaking (SSPS). Info lebih lanjut bisa datang atau hubungi di alamat kami: Griya Farras, Ambassador Hall. Jl. Gadelsari Madya No.9, Tandes Surabaya. (Lokasi Belakang badan diklat Propinsi Jatim di Balongsari).

Smoga info ini bermanfaat bagi anda semua...

Best Wishes

Customer Service & Care 

Website http://sspublicspeaking.blogspot.com/ Facebook: https://www.facebook.com/ssps.surabaya Email: ssps_surabaya@yahoo.com Atau via mobile-phone: HP: 085655123862 //  085730005223//088805753139//  PIN BB: 7DF0AE82. Info Transfer ke Rekening BCA No. AC/Rek: 7880093082.


33 comments:

Menarik sekali... Saya ingin sekali bisa bergabung dan kursus public speaking dengan Surabaya School of Public Speaking...Mohon balasannya. Trima kasih.

Saya Budi dari Jakarta juga tertarik untuk bergabung dan kursus di Surabaya School of Public Speaking...Kebetulan saya punya saudara di Surabaya, bila bertepatan ada acara di Surabaya, saya akan kontak SSPS... trima kasih.

Informasi yang bagus, memang mengatasi minder itu perlu proses dan upaya yang sungguh-sungguh...

Sangat susah ya mengatasi rasa minder..
Tp hrus sll berusaha untuk mengurangi rasa itu karena kalo tidak dihilangkan smkn lma akn trs brtmbah efek jangka panjangnya jg tdk bagus untuk kelangsungan hidup kita.

Mas,sy dlam bergaul kok ad perasaan males y ? Knp it ?

terima kasih :) cukup membantu :)

minder tidak lagi, saya share juga yah di www.womenmagnet.com / www.youtube.com/user/womenmagnetdotcom

terima kasih untuk semua tanggapannya...Silahkan datang dan daftar kursus public speaking di SSPS...Smoga semakin sukses...Aamiin

Mantap.. so positif, Izin share ya...

Silahkan di share Sdr Henmath Sains... Anda senang, kami turut bangga dan bahagia...

Mas Rizky Listyawan terima kasih atas tanggapannya...smoga bermanfaat slalu... salam public speaking

bermanfaat sekali ka
makasihh yahh :)

Terimakasih atas sarannya..
Sungguh bermanfaat sekali artikelnya..

assalamualaikum salam kenal sayag semua

Hani

Terima kasih tips nya sangat bermanfaat untuk saya.

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Artikelnya membantu sekali, dengan permasalahan yang saya alamai sekarang, terima kasih atas bantuannya ..walaupun berbentuk text.. tapi sangat membantu..

terima kasih sekali atas tipsnya yg sangat bermanfaat untuk merubah gaya hidup saya dan perilaku saya sehari-hari semoga dengan tips ini saya bisa merubah hidup saya....Amiin

Ingat saja bahwa diri kita adalah ciptaan yang terbaik dan layak untuk hidup bahagia

Selamat Siang,
saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di www.forexmart.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

wah sangat berguna gan,,
memang kita harus layak bahagia gan,,

Post a Comment